Visi Misi, Tugas Pokok Dan Fungsi Kemahasiswaan STIKes WCH

Visi dan Misi Kemahasiswaan STIKes Widya Cipta Husada

Visi

Menjadi bagian kemahasiswaan yang handal dalam pelayanan serta pengembangan potensi mahasiswa unggul ditataran jawa timur pada tahun 2022.

Misi

  1. Mewadahi kegiatan mahasiswa secara terpadu dalam mengembangkan bakat, minat, potensi, dan kesejahteraan mahasiswa
  2. Mengembangkan kreativitas, kepekaan, daya kritis, kepemimpinan, serta rasa kebangsaan
  3. Mengembangkan tanggung jawab sosial mahasiswa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat

 

Tujuan

  1. Tersalurkannya aspirasi bakat, minat, potensi dan kesjahteraan mahasiswa melalui kegiatan kemahasiswaan yang unggul.
  2. Terwujudnya pola pengembangan potensi mahasiswa berdasarkan kreativitas, kepekaan, daya kritis, kepemimpinan, serta mempunyai rasa kebangsaan.
  3. Terwujudnya pola pikir dan perilaku mahasiswa yang mempunyai jiwa sosial terhadap masyarakat

 

JOB DESCRIPTION

  1. Penalaran dan Keilmuan

Program dan kegiatan kemahasiswaan yang bertujuan menanamkan sikap ilmiah, merangsang daya kreasi dan inovasi, meningkatkan kemampuan meneliti dan menulis karya ilmiah, pemahaman profesi dan kerjasama mahasiswa dalam tim, baik pada perguruan tingginya maupun antar perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri Kegiatan ini dapat berbentuk ; Pekan Ilmiah MahasiswaTingkat Nasional (PIMNas); Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM); Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM); Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional (Mawapres); Presentasi Pemikiran Kritis Mahasiswa (PPKM); Co-operative education, dan kegiatan lain yang sejenis.

  1. Bakat Minat dan Kemampuan

Program dan kegiatan kemahasiswaan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam manajemen praktis, berorganisasi, menumbuhkan apresiasi terhadap olahraga dan seni, kepramukaan, belanegara, cinta alam, jurnalistik dan baktisosial. Kegiatan ini dapat berbentuk; Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM), Pekan Olahraga mahasiswa Nasional (POMNas), POM ASEAN, Universiade; Pekan Seni Mahasiswa Nasional Tingkat Nasional (Peksininas); Pramuka Mahasiswa; Resimen Mahasiswa; Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala); Penerbitan Kampus; Korps Sukarela Mahasiswa; Kewirausahaan; dan kegiatan lain yang sejenis

  1. Kesejahteraan

Program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik, mental dan kerohanian mahasiswa. Kegiatan ini dapat berbentuk; Beasiswa; Asrama Mahasiswa; Kantin Mahasiswa; Koperasi Mahasiswa (Kopma); Poliklinik; Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)Mahasiswa; Pesta Paduan Suara Gerejawi(Pesparawi); dan kegiatan lain yang sejenis. 

  1. Kepedulian Sosial

Program yang bertujuan untuk meningkatkan pengabdian pada masyarakat, menanamkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, menumbuhkan kecintaan kepada tanah air dan lingkungan, kesadaran kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang bermartabat. Kegiatan ini dapat berbentuk; Pelatihan Pendidikan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Pencegahan Penyebarluasan HIV/AIDS; Pengembangan Desa Binaan; pelayaran Kebangsaan; Dialog Kemahasiswaan dan kegiatan lain yang sejenis

 

Kegiatan Penunjang

  1. Program yang bertujuan untuk meningkatkan sikap dan kemampuan dosen dalam keterlibatannya membimbing kegiatan kemahasiswaan. Kegiatan ini dapat berbentuk; Pelatihan Pelatih Orientasi Pengembangan Pembimbing Kemahasiswaan (PP OPPEK); Pelatihan – pelatihan Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (PP-LKMM); Pelatihan Pembimbing/Pendamping Penalaran Mahasiswa (PPPM), dan kegiatan lain yang sejenis.
  2. Program yang bertujuan untuk meningkatkan sarana dan prasarana kegiatan kemahasiswaan. Kegiatan ini dapat berbentuk; pengembangan sistem informasi kemahasiswaan, pengadaan dan pemeliharaan dan kegiataan lain yang sejenis

 

Unsur Organisasi Kemahasiswaan

  1. Kongres Mahasiswa

Kongres mahasiswa STIKes Widya Cipta Husada adalah lembaga tertinggi yang ditujukan untuk merumuskan haluan – haluan bagi Badan Eksekutif Mahasiswa STIKes Widya Cipta Husada / Garis Besar Haluan Kegiatan Kemahasiswaan (GBH KK STIKes Widya Cipta Husada). Kongres Mahasiswa (KM) ini merupakan gabungan dari dewan  perwakilan mahasiswa dan utusan mahasiswa program studi . Utusan mahasiswa Himpunan Mahasiswa Program Studi untuk mengikuti kongres maksimal 5 orang mahasiswa. Mekanisme penentuan utusan ditentukan oleh mahasiswa ditingkat prodi masing – masing. System kerja dari kongres ini adalah kolektif kolegial yang berarti bahwa setiap penentuan ketetapan dan pengambilan keputusan yang mengatasnamakan KM STIKes Widya Cipta Husada harus dilakukan melalui sebuah persidangan yang melibatkan anggota kongres. Sedangkan kolegial dimaksudkan dengan tidak adanya stratifikasi antar anggota kongres, tidak ada perbedaan hak dan kewajiban, kecuali pada tanggung jawab fungsional dan administrative yang telah disepakati.

2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) berkewajiban untuk melaksanakan ketetapan KM STIKes Widya Cipta Husada serta mewakili STIKes Widya Cipta Husada baik sifatnya internal maupun eksternal, dipimpin oleh seorang presiden yang memperoleh suara terbanyak dalam Pemilwa Raya. Dalam melaksanakan tugasnya presiden dibantu oleh wakil presiden , sekretaris dan dewan mentri yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan eksekutif. BEM STIKes Widya Cipta Husada memiliki tata hubungan koordinatif dengan UKM STIKes Widya Cipta Husada. Untuk ditingkatkan Himpunan Mahasiswa Program Studi mempunyai hubungan konsultatif dan koordinatif dengan BEM STIKes Widya Cipta Husada.

3. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM )

Lembaga legislatif ini merupakan control terhadap pelaksanaan GBH-LKM STIKes Widya Cipta Husada hasil kongres mahasiswa yang telah dilaksanakan dan disepakati putusan dan ketetapannya.

Sistem kerja DPM adalah kolektif kolegial, kolektif adalah DPM sebagai sebuah lembaga yang dalam proses pengambilan keputusan yang mengatasnamakan DPM  STIKes Widya Cipta Husada harus dilakukan melalui persidangan yang melibatkan anggota Dewan. Sedangkan kolegial adalah dengan tidak adanya stratifikasi antar anggota dewan, tidak ada perbedaan hak dan kewajiban.

4. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Unit Kegiatan Mahasiswa adalah organisasi pelaksana di lingkungan STIKes Widya Cipta Husada terdiri atas UKM bidang olah raga, kesenian, pecinta alam ,kerohanian , Ilmu Pengetahuan bidang peminatan dan bakat yang bertanggung jawab penuh kepada Badan Eksekutif Mahasiswa.

5. HIMAPRODI

HIMAPRODI merupakan lembaga eksekutif ditingkat program studi.  HIMAPRODI mempunyai hubungan koordinatif dengan BEM STIKes Widya Cipta Husada.  HIMAPRODI dapat menjalankan sebagian dari program kerja  BEM, dalam pelaksanaannya berkordinasi dengan BEM. HIMAPRODI dapat merencanakan proker secara otonom, dalam pelaksanaannya berkoordinasi dengan Pembina kemahasiswaan. Tanggung jawab dan tata kerja HIMAPRODI secara otonom  ke anggota dimasing – masing Program Studi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *