Tak Ingin Berpenyakitan,  Lakukan 10 Hal ini !

Oleh Choirun Nissa, S. Gz, M. Biomed.*

Ada pepatah mengatakan “come to nutritionist, so you will keep you away from doctor”. Ungkapan ini bermakna jika Anda patuh pada saran ahli gizi dan menjaga pola makan Anda, Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan agar terhindar dari berbagai penyakit:

  1. Syukuri dan Nikmati Aneka Ragam Jenis Makanan

Syukuri berarti kita bersyukur terhadap makanan yang sudah dikaruniakan Tuhan kepada kita. Nikmati aneka ragam makanan, berarti kita harus makan bermacam-macam jenis makanan bergantian setiap harinya karena tidak ada satu bahan makananpun yang mengandung zat gizi yang lengkap.

  1. Banyak Makan Sayuran dan Buah-buahan Secukupnya

Setidaknya, konsumsilah minimal 5 porsi sayuran dan 4 porsi buah-buahan setiap harinya agar terhindar dari segala penyakit-penyakit degeneratif. Manfaat lain dengan mengkonsum sayur dan buah buahan, Anda merasakan pencernaan yang lebih sehat.

  1. Konsumsi Lauk-pauk Berprotein Tinggi

Lauk pauk yang mengandung protein tinggi seperti daging sapi, daging ayam, telur, ikan, tahu, tempe dan kacang-kacangan. Lauk pauk tersebut wajib kita konsumsi secara bergantian setiap hari. 

  1. Konsumsi Aneka Ragam Makanan Pokok

Makanan pokok yang dapat kita makan secara bergantian tiap hari adalah nasi, jagung, mie, roti, kentang, dan ubi.

  1. Batasi Konsumsi Makanan Manis, Asin dan Berlemak

Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang terlalu manis (cake, dodol, sirup, permen, dll); asin (penggunaan garam, pengawet, krakers asin, dll) dan berlemak (bersantan dan digoreng).

  1. Biasakan Sarapan Pagi Sebelum Beraktivitas

Melewatkan waktu sarapan pagi hari, sedangkan Anda banyak beraktivitas, hanya akan menyebabkan fisik menjadi lemas, mudah mengantuk dan tidak produktif. Selain itu, melewatkan sarapan pagi akan membuat kita sangat lapar pada siang hari dan akhirnya kita memakan lebih banyak makanan siang hari.  

  1. Minum Air Putih Yang Cukup dan Aman

Air putih harus dikonsumsi minimal 1,5 – 2 L /hari. Air putih bisa didapatkan dari air minum, sirup, atau kuah makanan.

  1. Biasakan Baca Label Pada Kemasan Makanan

Ketika membeli makanan pabrikan, biasakan melihat label pada kemasannya. Label kemasan makanan pabrikan harus mengadnung informasi tanggal kadaluarsa, komposisi bahan pangan yang terkandung, dan nilai gizi.

  1. Biasakan Cuci Tangan Dengan Sabun dan Air Mengalir

Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir akan menghindarkan kita dari diare, keracunan makanan dan masalah pencernaan lainnya.

  1. Berolahragalah Secara Teratur dan Jaga Berat Badan Normal

Berolahraga disini mengandung arti bahwa kita harus “menggerakkan” tubuh kita. Contohnya: Lari pagi 30 menit/hari, memilih menggunakan tangga daripada lift, memilih jalan kaki daripada naik kendaraan apabila bepergian jarak dekat, dan membersihkan rumah/kamar sendiri. Selain itu, dengan berolahraga secara teratur akan membantu kita dalam menjaga berat badan ideal.

Demikian anjuran singkat ini. Mari kita belajar gizi, belajar pangan dan kesehatan, menjadi ahli gizi. Kita mulai dari diri kita pribadi dan orang-orang yang berada di sekeliling kita. []

*Penulis adalah Dosen Prodi S1 Gizi STIKes Widya Cipta Husada Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *