STIKes Widya Cipta Husada Bekali Mental Siswa Siswi SMA Ar Rifai II

MALANG—Jelang berakhirnya masa pendidikan bagi siswa siswi kelas XII tingkat SMA, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Cipta Husada (STIKes WCH), Malang, semakin gencar melakukan sosialisasi tantangan masa depan bagi siswa siswi tingkat SMA.

Kali ini, Rabu (28/11/18), siswa siswi SMA Ar Rifai II mengagendakan pelatihan bertajuk Pelatihan Pembekalan Siswa Jelang Lulus dengan menghadirkan beberapa pakar pelatih dari STIKes WCH.

Hadir pada acara yang dimulai dari jam 8 pagi itu, Miftachul Ulum, Kepala Program Studi (Kaprodi) Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Guritan Indra Sukma, M.Pd; Taufiqul Akbar, S. Kep, Ns; Lilis Sulistiya N,  S.Kep., M.Ked. Trop; Viandika Kaprodi Kebidanan.

Diikuti 40 an peserta, siswa siswi SMA Ar Rifai itu, sangat antusias mengikuti pelatihan mental dan skill yang digelar di aula SMA Ar Rifai II, lantai 3. Tanpa ada rasa canggung, tiap kali terdapat pertanyaan yang dilempar, siswa kelas XII dari beberapa jurusan tesebut berebut untuk saling menjawab.

Beberapa tema pelatihan disampaikan meliputi keterampilan, bakat, cita-cita yang ingin diraih, melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, hingga bagaimana menjadi seorang entrepreneurship yang handal.

Menurut Taufiqul Akbar, S. Kep, Ns., banyak dari siswa usai lulus sekolah SMA yang memutuskan untuk langsung bekerja. Namun tak sedikit pula yang melanjutkan kuliah. Nah, disinilah kemudian STIKes WCH melakukan program sosialisasi ke berbagai lembaga tingkat SMA sederajat tentang pentingnya memahami tantangan, peluang, dan cara-cara yang harus ditempuh oleh calon lulusan SMA.

“Hal itu dilakukan agar mereka anak-anak SMA memiliki wawasan baru sebelum benar-benar terjun ke lapangan,” ungkap dia.

Guritan Indra Sukma, M.Pd, menyatakan bahwa semua siswa harus memiliki mental yang kuat. Jika memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, ungkapnya, maka kenalkan pada siapapun. Orang lain kalau sudah mengenali kelebihan anda, niscaya anda akan dicari banyak orang.

“Maka, ya jangan malu-malu untuk memperkenalkan diri selengkap mungkin” terang dia.

Sedangkan dari Miftachul Ulum, Kepala Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes WCH, menyampaikan pentingnya menjadi seorang pengusaha. Setelah lulus SMA, anda bisa kuliah sambil menjalani usaha. Yang terpenting dalam menjalani usaha bukanlah modal, tapi kemauan yang kuat dan tidak mudah putus asa.

Pewarta: Roihan Rikza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *