STIKes WCH Raih ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen dan Tata Kelola Perguruan Tinggi

 

KEPANJEN – Tak mau setengah-setengah dalam berbenah, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Cipta Husada (STIKes WCH) melakukan standarisasi institusi lewat International Organization for Standardization atau biasa dikenal dengan ISO.

Usai hari ini, (4/9)setelah  mengikuti training dan coaching, STIKes WCH telah secara resmi mendapatkan ISO 9001:2015 dan bakal melanjutkan tren perbaikan mutuberikutnya untuk ISO  Laboratorium.

“Sistem manajemen dan tata kelola di perguruan tinggi kami sudah baik, hanya tinggal mensesuaikan dengan standar ISO 9001:2015.  ISO laboratorium jadi target berikutnya, harapannya bisa terstandar juga,” tutur Ketua Pusat Jaminan Mutu STIKes WCH, Cesario Tesa P.,M.Farm.Klin., Apt.

Pria yang akrab disapa Cesa ini menyebut laboratorium atau biasa disebut mini hospital itu memang belum memperoleh pengakuan standarisasi organisasi manapun. “Kita berharap tahun ini, semua komponen di STIKes WCH sudah terstandar,” katanya.

Ya, sekolah tinggi yang terletak di Jalan Sidotopo Kepanjen, Kabupaten Malang ini memang punya mini hospital atau laboratorium praktikum yang biasa digunakan mahasiswa untuk praktik.

“Kita ada lima prodi dan tiap prodi punya lab sendiri sendiri. Diharapkan semuanya nanti dapat bersinergi sama mengacu pada ISO,” tutup Cesa.

Jika terealisasi, STIKes WCH patut berbangga karena mungkin kampus ini menjadi satu satunya kampus kesehatan yang memiliki tempat praktek standart layaknya rumah sakit.

Diharapkan juga, Laboratorium Mini Hospital ini bisa mempresentasikan dan memberikan pengalaman belajar mahasiswa sesuai dengan Standart Operasional Prosedur tindakan medis maupun paramedis di Rumah Sakit berstandart ISO.

Jadi nantinya, mahasiswa STIKes WCH bisa menjalankan praktiknya kerja lapangannya layaknya bekerja di rumah sakit yang sesungguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *