STIKes WCH Kembangkan Kuliah Langsung Magang di Rumah Sakit Nasional, Minat ?

Ketua STIKes WCH Dr Tayubi Hariyanto SE MM

MALANG – Mahasiswa terkadang terlalu fokus untuk menimba ilmu hingga lupa bagaimana masa depan mereka usai kuliah. Karena mencari pekerjaan sejatinya adalah tantangan tersendiri usai kuliah. Salah satu kampus kesehatan di Kabupaten Malang, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Cipta Husada (STIKes WCH) pun memikirkan akan hal ini.

STIKes WCH tahun 2019 ini siap mengembangkan kurikulum bertajuk Program Magang Nasional, sebuah program yang mempermudah calon mahasiswa yang berminat langsung magang agar semakin dekat dengan dunia kerja sebelum lulus kuliah.

Menurut Ketua STIKes WCH Dr Tayubi Hariyanto SE MM, program magang nasional ini berbeda dengan program reguler yang sudah ada di STIKes WCH. “Ya ini mendekati sama namun berbeda,” katanya. Dalam program magang nasional, mahasiswa akan diberikan SKPI tambahan dan penambahan SKS sekitar 20 sampai 25 SKS saja.

“Mulai semester 1, 2 dan 3 nanti kuliah, dan masuk semester 4 langsung dimagangkan,” ujarnya. Nantinya, para mahasiswa pemilih program ini bisa magang di seluruh Indonesia. “Bisa di Medan, Sumatra atau di Jawa Tengah, tapi tetap rumah sakit yang berjejaringan dan sudah kerjasama dengan kita,” katanya.

Menurut Tayubi hal ini akan menguntungkan kedua pihak. Mahasiswa akan mendapat ilmu dan pengalaman berharga lewat magang ini. Sementara, pihak Rumah Sakit yang sudah bekerja sama dengan STIKes WCH juga mendapat nilai plus karena mendapat tenaga terampil.

“Saya rasa akan menguntungkan mahasiswa, mereka akan familiar dengan dunia kerja, dan jika memang bagus kinerjanya siapa tahu bisa langsung ditarik menjadi karyawan, itu nilai plusnya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *