STIKes WCH Bekali Mahasiswa Sebelum Terjun PKL

MALANG – Untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Cipta Husada (STIKes WCH), akan tugaskan mahasiswanya untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL), pekan depan.

Kali ini 2 Program Studi (Prodi) Kebidanan dan Keperawatan, akan jadi PKL. Nah, sebelum terjun ke lapangan, 2 prodi tersebut mendapat pembekalan PKL, Sabtu (10/12/18).

Dengan mengangkat tema Unggul dalam Berperilaku, Berkomunikasi, dan Berpikir Kritis, pembekalan yang dilaksanakan di aula gedung D lantai 3 itu, diikuti oleh 35-an mahasiswa.

Beberapa materi disampaikan oleh para pembimbing PKL agar peserta memiliki pandangan tentang apa yang harus dilakukan dan akan dilakukan di tempat PKL nanti.

Wyssie Ika Sari, S.Kep, Ns, M. Kep., Materi tentang ‘perilaku dan komunikasi’. Menurutnya, materi ini harus disampaikan sebagai bekal bagi mereka yang akan terjun ke lapangan.

Secara teori, lanjutnya, mahasiswa bisa dipastikan menguasai, namun dalam prakteknya, belum tentu semua bisa. “Makanya pengalaman-pengalaman di permukaan kami sampaikan dalam pembekalan PKL ini” terangnya.

Tidak hanya akan mempraktikkan strategi akademik saja, para peserta PKL juga dibekali tentang tata cara dalam bersosialisasi dan bermasyarakat di tempat PKL. APA YANG PALING BISA DIKEMBANGKAN, PKL adalah hal yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas ini.

“Disiplin, berpenampilan yang baik, menjaga nama baik lembaga dan kampus, harus dilakukan oleh seluruh peserta PKL” imbuh dia.

Sementara itu, Yuyud Wahyudi, salah seragam keperawatan, materi tentang kemampuan berpikir kritis. Materi yang disampaikan dengan bagian 4 kelompok yang menjelaskan tentang bagaimana cara cepat tanggap untuk menambah masalah yang datang-waktu datang.

Menurut Yuyud, materi ini disampaikan oleh karena dalam praktiknya, hal yang berkaitan dengan kesehatan memang lebih banyak terjadi hal yang dadakan. Tidak bisa langsung, ungkap dia, butuh pada fakta yang cepat dan tepat. “Materi ini lebih menekankan agar calon peserta PKL ini juga berpikir kritis, cepat, dan tanggap” terang dia.

Informasi tambahan. Mahasiswa STIkes WCH yang akan melakukan PKL menjelang hari Senin depan ini, akan disebar ke berbagai daerah di Jawa Timur. Mereka akan ditugaskan untuk bekerja di instansi-instansi yang telah menjalin kerjasama dengan STIkes WCH.

Diharapkan dengan adanya PKL ini, mahasiswa STIkes WCH dapat mempraktikkan ilmu yang mereka pelajari, dan yang luar biasa. []
Pewarta: Roihan Rikza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.