Seharian Ikuti Pelatihan Menulis, 15 Karya Dosen STIKes WCH Terkumpul

Malang—Keinginan kuat untuk menjadikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Cipta Husada (STIKes WCH) Malang, sebagai kampus Go International benar-benar dikejar. Selain memperbaiki tata kelola kampus, Sumber Daya Manusia (SDM) kampus kesehatan ini juga digembleng.

Selasa (13/11/18), kemarin, 27 dosen STIKes WCH mengikuti pelatihan penulisan buku ajar. Berbagai informasi tentang penerbitan buku, sekaligus penyampaian teknik membuat buku disampaikan dengan jelas dan detail.

Terlebih pada pembuatan buku bahan ajar yang memang menjadi objek dalam pelatihan tersebut. Yeni Cahyati, S.Si., M.Si., Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKes WCH, mengakui bahwa di STIKes WCH baru beberapa dosen yang memang memiliki karya tulis.

“Karenanya, dengan pelatihan penulisan buku bahan ajar seperti ini, termasuk cara dosen untuk mengamalkan tri dharma perguruan tinggi” terang dia saat ditemui di kantornya pada Rabu (14/11/18) pagi.

Lebih lanjut, ungkap dosen yang telah menulis dua karya ilmiah itu, menulis buku bahan ajar atau menuliskan hasil penelitian yang kemudian dibukukan, merupakan kesempatan berharga bagi para dosen STIKes WCH. Sisi positif lain, lanjutnya, kalau ada dosen menulis mata kuliah yang dia ampu, bagi mahasiswanya pun tidak akan kesulitan untuk mencari referensi. “Ada banyak kemanfaatan yang didapatkan oleh para dosen” jelas dia.

27 Peserta, 15 Karya

Dikonfirmasi mengenai jumlah karya yang telah dikumpulkan oleh Yeni Cahyati, ia menyebutkan baru ada 15 karya yang telah dikumpulkan kepadanya. 15 karya itu, lanjut dia, baru sebagian dari jumlah peserta yang mengikuti pelatihan. Jumlah peserta pelatihan, ada 27, sedangkan total dosen di STIKes WCH terdapat 36.

“Tidak menutup kemungkinan bagi dosen yang kemarin tidak mengikuti pelatihan, namun sudah memiliki karya yang tinggal kita terbitkan” kata dia.

Untuk sementara ini, dari 15 karya yang terkumpul, terdapat 2 katagori. Yang pertama adalah jenis karya penunjang mata kuliah, seperti buku bahan ajar. Dan yang kedua, merupakan buku hasil penelitian dosen.

Sebagai tambahan informasi, untuk deadline pengumpulan karya-karya dosen STIKes WCH, akan ditutup hingga pada Sabtu (17/11/18) ini. Untuk selanjutkan akan melalui tahapan pengajuan ISBN ke Perpustakaan Nasional. []

Pewarta: Roihan Rikza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.