Peluang Kerja Tenaga Perekam Medis

Visi Program Studi

Menjadi program studi unggul yang menghasilkan tenaga kompeten di bidang manajemen pengolahan data dan rekam medis elektronik pada tahun 2021.

 

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan tenaga rekam medis dan informasi kesehatan yang berkualitas, unggul dalam bidang manajemen pengolahan data dan rekam medis elektronik, peduli terhadap kemanusiaan, dan mampu bersaing secara regional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mampu memberikan pengembangan keilmuan manajemen pengolahan data dan rekam medis elektronik dan siap digunakan untuk pelayanan kesehatan masyarakat.
  3. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam lingkup regional untuk meningkatkan kualitas kinerja pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Membangun organisasi yang sehat dengan menerapkan manajemen korporasi, penjaminan mutu, dan evaluasi diri secara berkesinambungan otonomi, transparansi, dan akuntabilitas.

Peluang Kerja Perekam Medis

  1. Dari 600 RSK, 2700 RSU, dan 9650 Puskesmas dibutuhkan tenaga perekam medis masing-masing minimal 18 orang tenaga perekam medis untuk RSK dan RSU sedangkan untuk Puskesmas minimal 3 tenaga perekam medis.
  2. Dari jumlah RSK, RSU, dan Puskesmas pada poin di atas maka kebutuhan tenaga perekam medis saat ini sebanyak 10.800 pada RSK, 48.600 pada RSU, dan 28.950 tenaga perekam medis pada Puskesmas.
  3. Kebutuhan tenag perekam medis tersebut di atas belum termasuk pada unit-unit pelayanan yang lain seperti klinik, poliklinik, dokter praktek, dll
  4. Output dari seluruh penyelenggara Program Studi Rekam Medis di seluruh Indonesia sampai saat ini baru sebanyak 1800 tenaga perekam medis per tahun, sehingga kesempatan tenaga perekam medis masih sangat luas.
  5. Sementara di Luar Negeri peluang tenaga perekam medis juga semakin luas sejalan dengan adanya MOU Stikes Widya Cipta Husada dengan beberapa perusahaan di Jepang dan Amarika.

 

CP Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Pak Ulum (089 7878 1078)

Bu Niken (0812 1606 6049)