Prospek STIKes Widya Cipta Husada Tekankan Bela Negara

Ada nuansa yang baru dalam penyelenggaraan Program Orientasi Siswa dan Pengenalan Kampus (Prospek) STIKes Widya Cipta Husadah pada tahun ini. Jika sebelumnya menekankan pada keaktifan mahasiswa, maka pada tahun ini tidak hanya keaktifan tetapi juga penekanan pada rasa nasionalisme dan bela negara. Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh Merry Dwi Ningtyas, Ketua BEM STIKes Widya Cipta Husada saat ditemui di sela-sela Prospek, Jumat (8/9).

Menurut dara yang akrab disapa Merry tersebut, penekanan pada bela negara ini mengingat persoalan sosial belakangan ini yang menimpa Indonesia. Di mana kerekatan sosial negeri ini mulai diuji oleh isu-isu SARA, radikalisme, dan terorisme. Karena itu, pihaknya ingin menanamkan rasa nasionalisme sejak awal. “Untuk bela negara ini, kita menghadirkan Danramil Kepanjen agar mereka mengerti apa itu nasionalisme,” kata gadis semester lima itu.

Selain itu, lanjut Merry, juga disediakan beberapa kegiatan lainnya seperti motivasi kewirausahaan. Ini agar para mahasiswa dapat membangun kemampuan entrepreneur-nya. Kemudian ada materi tentang narkoba yang mendatangkan langsung dari BNN (Badan Narkotika Nasional) Kabupaten Malang. “Narkoba sekarang lagi marak, agar lebih mawas diri mahasisa perlu mengenali jenis-jenis dan bahaya narkoba,” tutur dia.

Selebihnya dalam acara bertema “Membangun Rasa Nasionalisme Mahasiswa Melalui Pebinaan Bela Negara Dalam Menyongsong Era Globalisasi” diisi dengan beberapa kegiatan seperti bakti sosial di Desa Ngadilangkung, outbound, dan pengenalan tour kampus. (her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *