Profesi Ners

“Menghasilkan Ners yang unggul dalam  Keperawatan disaster dan berinterpreneur di bidang Keperawatan tingkat jawa timur pada tahun 2018”

 Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan ners yang unggul dalam keperawatan disaster yang memiliki jiwa entrepreneurship dan mempunyai daya saing Nasional, Regional Asia, dan Internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakan serta pengembangan ilmu dalam bidang keperawatan untuk menghasilkan karya akademik yang unggul dan dapat mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna (stakeholders).
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang keperawatan untuk memberdayakan masyarakat menuju kehidupan yang sehat, sejahtera dan cerdas.
  4. Menyelenggarakan Program Studi Ilmu Keperawatan yang berdaya saing
  5. Nasional, Regional Asia dan Internasional dan relevan dengan tuntutan pengguna jasa (stakeholders) pendidikan tinggi dalam memajukan perkembangan intelektual dan kesejahteraan masyarakat.
  6. Membentuk ners yang menjunjung tinggi keluhuran budaya lokal dan keragaman budaya dunia.

Profil Lulusan :

  1. Pemberi Asuhan Keperawatan (care provider)
  2. Pemimpin dalam komunitas (Community leader)
  3. Pendidik kesehatan bagi klien, keluarga dan masyarakat (educator)
  4. Pengelola asuhan keperawatan (manager)
  5. Peneliti pemula (researcher)

 Capaian Pembelajaran :

Kompetensi Umum

  1. Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan memiliki etos kerja serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan
  2. Memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, demokratis yang berkeadaban; menjadi warga negara yang memiliki daya saing; berdisiplin; dan berpartisipasi aktif dalam menbangun kehidupan yang damai berdasarkan sistim nilai Pancasila
  3. Memiliki pengetahuan dan sikap positif terhadap Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan bahasa nasional dan mampu menggunakannya secara baik dan benar untuk mengungkapkan pemahaman, rasa kebangsaan dan cinta tanah air, dan untuk berbagai keperluan dalam bidang ilmu, teknologi dan seni, serta profesinya masing-masing
  4. Memiliki kemampuan memahami teks berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, untuk keperluan akademis dan keahlian tertentu sesuai dengan jenis pendidikan akademik atau profesi atau vokasi yang dipelajari.

Kompetensi Utama

  1. Berkomunikasi secara efektif dalam bahasa nasional dan internasional
  2. Mampu melakukan komunikasi yang efektif  dalam memberikan asuha
  3. Melaksanakan pendidikan keperawatan :
    • Mampu menjamin kualitas asuhan holistic secara kontinyu dan konsisten *)
    • Mampu menggunakan tehnologi dan informasi kesehatan secara efektif
    • Mampu memberikan pendidikan kesehatan kepada klien sebagai upaya pencegahan primer, sekunder dan tertier
  4. Menerapkan aspek etik dan legal dalam praktik keperawatan di tatanan pelayanan kesehatan
    • Mampu menerapkan pengetahuan, kerangka etik dan legal dalam sistem kesehatan yang berhubungan dengan keperawatan
    • Mampu menjalankan fungsi advokasi untuk mempertahankan hak klien agar dapat mengambil keputusan untuk dirinya *)
    • Mampu membuat keputusan etik
  5. Melaksanakan asuhan keperawatan profesional di klinik dan komunitas
    • Mampu memberikan asuhan peka budaya dengan menghargai etnik, agama atau factor lain dari setiap klien unik *)
    • Mampu menggunakan proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah klien*)
    • Mampu mendemostrasikan ketrampilan teknis keperawatan sesuai standart yang berlaku atau secara kreatif dan inovatif sehingga pelayanan yang diberikan efisien dan efektif*)
    • Mampu melaksanakan terapi modalitas sesuai dengan kebutuhan *)
  6. Menerapkan kepemimpinan dan manajemen keperawatan
    • Mampu mewujudkan lingkungan yang aman secara konsisten melalui penggunaan strategi menjamin kualitas dan manajemen resiko
    • Mampu mengunakan prinsip-prinsip peningkatan kualitas berkesinambungan dalam praktik
    • Mampu mengkolaborasikan pelayanan keperawatan*)
  7. Mengembangkan hubungan interpersonal
    • Mampu berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan sejawat
    • Mampu mengkolaborasikan berbagai aspek dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan klien *)
    • Mampu menggunakan ketrampilan interpersonal yang efektif dalam kerja tim dan pemberian asuhan keperawatan dengan mempertahankan hubungan kolaboratif*)
    • Mampu memberikan dukungan kepada tim asuhan dengan mempertahankan akuntabilitas asuhan keperawatan yang diberikan*)
  8. Menggunakan hasil penelitian dalam mengembangkan pelayanan keperawaatan
    • Mampu merancang melaksanakan proses penelitian sederhanan dalam upaya peningkatan kualitas asuhan keperawatan
    • Mampu memanfaatkan hasil penelitian dalam upaya peningkatan kualitas asuhan keperawatan*)
  9. Mengembangkan profesionalisme melalui belajar sepanjang hayat
    • Mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi dibidang keperawatan dan kesehatan
    • Mampu mengembangkan potensi diri untuk meningkatkan kemampuan professional
    • Mampu mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis dalam mengembangkan asuhan keperawatan
  10. Mampu mengembangkan kemampuan enterpreneurship di bidang keperawatan
    • Mampu berkontribusi dalam mengembangkan profesi keperawatan
    • Mampu melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebijakan yang berlaku dalam bidang kesehatan*)
  11. Kompetensi Pendukung
  12. Penggunaan teknologi modern dalam memberikan asuhan keperawatan.
  13. Mampu mendemonstrasikan asuhan keperawatan dengan kasus.
  14. Mampu melaksanakan dan mengembangkan terapi komplementer dalam bidang keperawatan.
  15. Lulusan akan mampunyai kemampuan bersaing secara global

Keunggulan Prodi :

Prodi Ilmu Keperawatan STIKes WCH mengangkat bidang penanganan emergency disaster dan entrepreneurship sebagai potensi lokal sekaligus penciri dan keunggulan program studi yang ditransfer sebagai karakter lulusan Prodi Ilmu Keperawatan STIKes WCH. Sehingga besar harapan kelak lulusan dari Prodi Ilmu Keperawatan STIKes WCH akan turut mewarnai dalam dunia keperawatan professional baik ranah lokal, nasional, maupun internasional.