PRODI S1 GIZI STIKES WCH LAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DARI KEMENRISTEK DIKTI

PRODI S1 GIZI STIKES WCH LAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DARI KEMENRISTEK DIKTI

Pada tahun 2018, Prodi S1 Gizi STIKes Widya Cipta Husada mendapat hibah pengabdian masyarakat dari Kemenristek Dikti dengan judul program ”Rumah Pemulihan Gizi (RPG)”. Program ini akan dilaksanakan di 2 desa mitra yaitu Desa Cepokomulyo dan Desa Jatirejoyoso Kepanjen. Pelaksana program ini adalah seluruh dosen Prodi S1 Gizi yang diketuai oleh Choirun Nissa, S. Gz, M. Biomed. Yang juga sekaligus sebagai Kaprodi S1 Gizi STIKes WCH, selain itu program ini juga melibatkan himpunan mahasiswa gizi STIKes WCH (Permazi WCH). Program RPG rencananya akan dilaksanakan bulan Mei – November 2018. Program ini dilatorbelakangi oleh fakta masih ditemukannya kasus gizi kurang dan gizi buruk di kedua desa saat praktek kerja lapangan mahasiswa tahun lalu padahal kedua desa tersebut merupakan desa mitra dan merupakan desa terdekat dari kampus WCH.
Pada tanggal 13 dan 26 juli dilaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di balai desa Cepokomulyo dan Jatirejoyoso. Kegiatan ini merupakan tahap awal dari rangkaian kegiatan dalam program RPG. MMD ini dihadiri oleh kepala desa/lurah, perangkat desa, bidan desa, perawat desa, ahli gizi puskesmas, dan seluruh kader posyandu. Dalam MMD dibahas latar belakang program, rencana dan tahapan serta jadwal pelaksanaan program. Masyarakat desa antusias memberikan masukan terhadap pelaksanaan program. Kegiatan ini melibatkan peran serta masyarakat sejak awal pelaksanaan program karena menyadari bahwa program masyarakat baru akan berhasil apabila berasal dari masayarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat.
Nantinya diharapkan program ini bersifat pemberdayaan masyarakat, artinya dapat diteruskan sendiri oleh pelaksana di masyarakat walau program telah selesai. Adapun rangkaian kegiatan yg disepakati dalam MMD kali ini adalah :
Musyawarah masyarakat desa
Pelatihan kader (refreshing kader) sekaligus Teknologi Tepat Guna (TTG)
Pendampingan posyandu pemulihan gizi
Lomba antar posyandu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *