Pentingnya Pemahaman Masyarakat Tentang Isi General Concent dan Informed Concent

Pengabdian masyarakat dengan tema :

PENYULUHAN TENTANG PENTINGNYA MEMAHAMI ISI GENERAL CONCENT DAN INFORMED CONCENT PADA MASYARAKAT DESA NGADILANGKUNG, KEPAJEN, MALANG, JAWA TIMUR

Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang diberikan kepada pasien (Kemenkes, 2008). Semua proses pelayanan yang diberikan dokter dan tenaga kesehatan lainnya kepada pasien harus mendapat persetujuan dari pihak pasien. Hal inilah yang menyebabkan General concent dan informed consent mempunyai peranan yang sangat penting.

General Consent adalah persetujuan yang diberikan oleh pasien atau keluarga terdekat setelah mendapat penjelasan secara lengkap mengenai pelayanan kesehatan kesehatan yang akan dilakukan terhadap pasien terkait dengan proses pemeriksaan, perawatan dan pengobatan. Sedangkan Informed consent merupakan bukti persetujuan yang diberikan oleh pasien atau keluarga pasien atas dasar informasi dan penjelasan dari dokter kepada pasien mengenai penyakit pasien dan tindakan yang akan dilakukan kepada pasien tersebut dalam rangka penyembuhan. (Guwandi, 2004).

Informed consent bertujuan untuk memberikan informasi, menurunkan atau mengurangi gejala kecemasan serta dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan pada pasien. Pasien perlu informasi tentang penyakit dan tindakan yang akan dilakukan.  Informed consent adalah suatu pemikiran tentang keputusan pemberian pengobatan atas pasien harus terjadi secara kerja sama atau kolaborasi antara tenaga medis dan pasien. Secara prinsip bahwa setiap manusia berhak untuk berperan serta dalam pengambilan keputusan yang menyangkut dirinya (Achadiat, 2000). Belum ada hasil penelitian yang mengambarkan tingkat informed consent di masyarakat umum. Akan tetapi penelitian tentang gambaran tingkat pengetahuan informed consent pada tenaga medik (perawat, bidan) sudah banyak dilakukan.

Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dengan Tema “PENYULUHAN TENTANG PENTINGNYA MEMAHAMI ISI GENERAL CONCENT DAN INFORMED CONCENT PADA MASYARAKAT DESA NGADILANGKUNG, KEPAJEN, MALANG, JAWA TIMUR” berjalan dengan lancar. Pengabdian masyarakat dilakukan oleh team prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan bersama mahasiswa dan calon mahasiswa Stikes Widya Cipta Husada Malang. Selain itu berkolaborasi pula dengan prodi Keperawatan.

 

 

Pertolongan Pertama pada Korban yang Pingsan

 

 

 

 

 

 

Pengabdian masyarakat ini di akhiri dengan sumbangan sembako kepada 12 keluarga yang dianggap sangat membutuhkan.

 

Pembagian Sembako

 

 

 

 

 

 

 

Team Pengabmas Prodi D3 RMIK

Ketua : Miftachul Ulum

Anggota :

dr. Suhartatik

Nurlindawati, SKM.,M.Kes

Martagela Kamahayo, SST.

Fitri Indahsari

Deny Mahendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *