Model Pembelajaran Windows Shopping

Model pembelajaran Window Shopping pada Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Stikes Widya Cipta Husada Malang. Dalam pembelajaran menggunakan model ini di samping adanya kerja kelompok juga terdapat kegiatan tutor sebaya. Model pembelajaran ini dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa dan juga memberi latihan yang bersifat pemecahan masalah.Adapun langkah-langkah model pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Mahasiswa dibuat menjadi beberapa kelompok
  2. Dosen mebagikan soal yang berbeda kepada tiap-tiap kelompok.Soal diusahakan merupakan soal pemecahan masalah. Agar lebih adil pemberian soal dengan cara diundi.
  3. Secara berkelompok mahasiswa mengerjakan soal yang telah diberikan dosen. Hasil penyelesaian soal ditulis dalam selembar kertas manila atau sejenisnya. Dalam kegiatan ini dosen memberikan bimbingan seperlunya.
  4. Hasil pekerjaan tiap kelompok kemudian di pajang di dinding sekitar kelas. Kegiatan inilah yang diumpamakan membuka toko di Mall. Tentu saja dengan penyelesaian soal sebagai pajangannya.
  5. Dilakukan pemabagian tugas tiap kelompok. Ada anggota kelompok yang bertugas menjaga toko dan yang lainnya berjalan-jalan untuk mengunjungi toko kelompok lain.
  6. Mahasiswa sebagai penjaga toko diharapkan mampu memberi penjelasan kepada anggota kelompok lain yang membutuhkan penjelasan terkait penyelesaian yang dipajang. Untuk itu dianjurkan memilih penjaga yang mampu berkomunikasi dengan baik dan memahami hasil pekerjaan kelompok. Pada kegiatan inilah munculnya aktifitas tutor sebaya.
  7. Bagi anggota kelompok yang betugas berkunjung pada kelompok lain di samping berhak mendapat penjelasan juga berhak memberi masukkan dan koreksi terhadap pekerjaan kelompok yang dikunjunginya dengan menuliskannya di lembar pekerjaan kelompok tersebut.Kelompok yang berkunjung mencatat pekerjaan kelompok yang dikunjungi.
  8. Setelah waktu yang telah ditentukan selesai, masing-masing anggota yang berkeliling kembali ke kelompok asal.
  9. Setelah kembali anggota kelompok bertukar informasi berdasarkan hasil kunjungan yang telah dilakukan.
  10. Selanjutnya guru berkeliling untuk mengecek hasil pekerjaan dan melihat hal-hal yang  perlu diperbaiki dan memberikan komentar terhadap hasil pekerjaan tiap-tiap kelompok.
  11. Dosen melakukan konfirmasi berupa umpan balik dan koreksi terhadap pekerjaan tiap-tiap kelompok secara klasikal.
  12. Untuk mengetahui   pemahaman mahasiswa dilakukan kuis secara individu dengan soal yang tipenya sama dengan soal yang telah dikerjakan oleh semua kelompok.

Bagi rekan dosen silakan mencoba model pembelajaran ini, sebagai bentuk varisasi pembelajaran.

SELAMAT MENCOBA !.

 

Pewarta : Miftachul ‘Ulum

Fotografer : Miftachul ‘Ulum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *