Laboratorium Pusat

“ Terselenggaranya pelaksanaan kegiatan operasional dan pengembangan laboratorium secara keseluruhan di STIKes Widya Cipta Husada.”

Misi :

  1. Memberikan pelayanan kepada pengguna dalam proses pembelajaran guna pemahaman, penerapan dan pengembangan ilmu untuk pencapaian standar kompetensiMemberikan pelayanan kepada pengguna sebagai fasilitas penunjang untuk kegiatan penelitian dan pangabdian masyarakat.
  2. Memberikan pelayanan kepada pengguna sebagai fasilitas penunjang kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengelolaan manajemen administrasi dan K3 laboratorium

Profil :

Laboratorium sebagai pelaksana teknis kesehatan dan sebagai satuan penelitian kesehatan . mempunyai fungsi antara lain :

  1. Pelaksana  kesehatan sesuai dengan sesuai dengan pembangunan kesehatan
  2. Pelaksana dan Pembina hubungan kerjasama dengan tenaga kesehatan yang lain dan masyarakat . Agar pembangunan bidang kesehatan ini dapat berhasil serta tugas dan fungsi kesehatan dapat dilaksanakan dengan baik, maka perlu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan pemberdayaan sarana dan prasarana laboratorium bagi penunjangnya, yang merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam peningkatan mutu kesehatan dan akan mempengaruhi pula efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaannya. Pelayanan Laboratorium merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang diperlukan untuk menunjang upaya peningkatan kesehatan, pencegahan, dan pengobatan, serta pemulihan kesehatan. Peran serta masyarakat, khususnya tenaga kesehatan dalam penyelenggara kesehatan selama ini sangat minim. Dengan demikian hasil laboratorium  mempunyai beban untuk mempertanggung jawabkan hasil penelitian kepada pasien, klien ataupun tenaga kesehatan lainya sebagai penentu tindakan selanjutnya. Laboratorium kesehatan yang bermutu serta konsep Laboratorium Minihospital menunjukkan pada derajat atau tingkat keunggulan suatu kesehatan dalam memadukan berbagai input seperti bahan dan alat penelitian, sarana kesehatan, suasana laboratorium yang kondusif, lingkungan yang nyaman dan dukungan administrasi, sehingga terjadi interaksi pelayanan yang baik.