Kunyah Cepat atau Lamban? Cara Mengkonsumsi Makanan yang Baik

Oleh Heni Dina*

Dalam kehidupan sehari-hari untuk bertahan dan mendapatkan energi pada tubuh, tentu kita butuh asupan makanan yang baik dan mengandung nutrisi. Tingkat kesehatan tubuh kita tergantung dari asupan makanan yang kita komsumsi. Selain asupan gizi dari makanan, ternyata cara kita mengunyah makanan pun juga dapat mempengarui kesehatan tubuh.

Ada kalanya kita mengunyah makanan dengan cepat dan kadang mengunyah makanan dengan lamban. Lantas mana yang lebih bagus untuk kesehatan tubuh? Mengunyah makanan dengan cepat atau lamban?

Ternyata dalam dunia kesehatan orang yang terbilang makan dengan cara cepat dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Ada yang bilang Jika anda tipe orang yang mengunyah makanan dengan cepat, maka anda bisa mengalami sindrom metabolisme yang dapat berdampak pada tubuh,

Sedangkan dari peniliti dari Universitas Hiroshima Jepang, menyebutkan bahwa kaitan antara makan cepat, beresiko pada penyakit jantung.

Selain itu, mereka juga memperdalam dampak lainnya dan mendapatkan hasil negatif lain seperti diabetes, dan tekanan darah tinggi, serta lemak berlebih pada daerah abdomenatau rongga mulut.

Versi lain dari American Herat Assocition dalam lima tahun berikutnya menyebutkan orang-orang yang mengunyah makanan dengan cepat cendrung bertambah berat badan dan akan risiko memiliki tingkatan glukosa yang tinggi dibanding orang yang mengunyah makanan dengan lamban.

Hal lain tentang mengunyah makanan dengan cepat adalah dapat mendorong akan sulit untuk merasa kenyang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa orang yang makan dengan buru-buru sering merasa makan secara berlebihan atau kekenyangan.

Pun demikian pula, mengkonsumsi makanan yang berlebihan akan akan membuat anda merasa mual, selain itu juga akan mengundang berbagai resiko penyakit lain yang akan menyerang kesehatan tubuh anda. Makanan yang diasup bukan malah menjadi sumber energi dan asupan nutrisi yang baik, tapi justru akan berubah menjadi racun dan dapat menggangu sistem pencernaaan dan juga akan akan merusak organ lainnya.

Kegemukan yang dapat terjadi pada seseorang merupkan salah satu dampak proses akibat makan terlalu cepat dan berlebihan. Sebab itu, zat-zat makanan yang sudah tidak mampu lagi untuk di manfaatkan secara baik oleh tubuh, akhirnya menumpuk menjadi lemak pada tubuh.

Oleh sebab itu, rubahlah kebiasaan mengkonsumsi makan cara cepat dengan memperlamban cara mengunyah. Semoga bermanfaat, sebarkan jika anda membaca artikel ini . Salam Sehat.

 

*Penulis adalah Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Cipta Husada, Program Studi Keperawatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *