Ikuti Seminar di Bali, STIKes WCH Bakal Terapkan GIS untuk Alumni

BALI—Upaya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Cipta Husada (STIKes WCH) untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), bukan hanya untuk tenaga pengajar atau dosen saja. Para alumni STIKes WCH pun juga diharapkan memiliki skill yang berguna di masyarakat, terlebih pada persaingan dunia karier.

Untuk mengupayakan hal ini, melalui Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), STIKes WCH hadir pada gelar seminar di Ballroom Bintang Bali Resort, Kuta, Bali, (13/11/18), kemarin.

Mengangkat tema Seminar Hasil Program Bantuan Pengembangan Layanan Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan tahun 2018, terdapat 400 peserta dari seluruh undangan Perguruan Tinggi (PT) se-Indonesia. Dari total 400 peserta itu, hanya terdapat 48 PT yang berkesempatan untuk melakukan presentasi melalui sistem acak.

Dalam hal ini, Taufiqul Akbar, S. Kep., Ns, Kepala Bagian Kemahasiswaan, dan Danni Brian Ristansa, S. Kep., Ns, Ketua Career Development Center (CDC), hadir untuk mewakili STIKes WCH pada acara tersebut.

Menurut Taufiq, gelar seminar yang membahasa tentang Tracer Study atau penelitian mengenai situasi alumni, sangat dibutuhkan pada hampir semua PT, terlebih khusus untuk STIKes WCH Malang.

Pada seminar yang berlangsung selama 2 hari itu, Tracer Study dijelaskan pula hambatan dan solusi yang tepat sebagai bahan referensi seluruh PT. Sebab, dengan adanya Tracer Study akan diketahui sejauh mana alumni dari sebuah PT memiliki kompetensi tertentu atau jenjang karier yang baik, bahkan diketahui pula kondisi-kondisi tertentu dari alumninya. “Bagaimanapun, alumni itu sendiri merupakan aset yang sangat berharga untuk kemajuan dan perkembagan STIKes WCH” ungkap Taufiq.

Bakal Terapkan GIS untuk Alumni STIKes WCH

Dari beberapa presentasi perwakilan 48 PT, Taufiq mendapatkan sistem yang bagus diterapkan untuk para alumni STIKes WCH. Ia menyebutkan Geografis Information System (GIS) sebagai salah satu alat yang representatif saat ini. GIS sendiri merupakan sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi bereferensi.

“Dengan GIS ini, kita akan mengetahui titik alumni STIKes WCH yang telah bekerja, sekaligus mengetahui lokasi yang tersebar diseluruh Indonesia” jelas dia.

Sementara itu, menurut Danni Brian Ristansa, S. Kep., Ns, Ketua Career Development Center (CDC), dengan adanya GIS untuk alumni, CDC sebagai pusat pengembangan karier mahasiswa, akan menyusun program yang lebih maksimal. “CDC akan bikin program untuk mentalitas dan karakter mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Agar nantinya, alumni STIKes WCH, siap untuk ditempatkan dimanapun dengan kemampuan/skill yang mumpuni” terang Danni. []

Pewarta: Roihan Rikza

Fotografer: Danni Brian Ristansa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *