Haid Bikin Lelah? Ini Solusinya

Oleh Indhi April*

Saat Anda haid atau menjelang haid kebanyakan dari anda mengalami yang namanya PMS atau Premenstrual Syndrome. PMS dapat menimbulkan berbagai gejala seperti kram pada bagian perut, kadang terasa sakit kepala, dan terkadang juga anda merasa mudah lelah.

Nah, tentu hal ini akan sangat mengganggu aktivitas anda. Penulis akan memberikan sedikit beberapa cara untuk mengatasi masalah anda. Agar tidak mudah lelah, dan anda dapat melakukan aktivitas dengan baik. Simak ulasan kami di bawah ini:

Perbaiki Pola Makan Anda

Mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit walaupun berungkali, lebih dianjurkan dari pada mengkonsumsi makanan yang terjadwal sehari tiga kali dengan porsi yang banyak.

Dengan sering mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit, akan berdampak pada peningkatan dan menstabilkan energi anda. Sedangkan jika anda mengkonsumsi makanan dalam waktu yang cukup lama, akan berdampak pada tubuh anda yang akan semakin lelah.

Oleh sebab itu, aturlah pola makan anda agar lebih baik dan tubuh anda tetap sehat. Jangan lupa juga tambahkan sumber protein pada asupan makan setiap hari, Sebab, protein dapat meningkatkan energi tubuh lebih bertenaga saat beraktivitas sepanjang hari.

Solusi lain dari anda yang sedang haid agar tidak mudah lelah adalah dengan mengkomsumsi suplemen multivitamin. Dengan bantuan suplemen multivitamin, dapat membantu mengatasi masalah lelah anda. Jangan sembarangan mengkomsumsi suplemen. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli sebelum anda mengkonsumsi suplemen.

Selain itu, perbanyaklah mengkomsumsi buah dan suyuran. Sebab, buah dan sayuran mengandung banyak nutrisi yang dapat meningkatkan energi pada tubuh.

Jangan Mengkomsumsi Minuman Yang Mengandung Alkohol Atau Kafein

Jika anda sedang mengalami haid, sebaiknya jangan meminum minuman yang mengandung alkohol, dan yang mengandung kafein, seperti kopi, minuman bersoda dan lainnya. Dua jenis minuman itu akan membuat anda sulit tidur nyenyak, dan berakibat buruk pada fisik anda, dan tentunya anda akan merasa kelelahan keesokan harinya.

Rajin Berolahraga

Berolahraga setiap hari akan membantu kesehatan tubuh anda. Olahraga tidak harus yang berat-berat. Cukup bagi anda untuk berjalan kaki sekitar 30 menit saja. Berjalan kaki semacam ini, sudah cukup membantu kesehatan tubuh anda dan juga dapat menjadi pilihan olahraga ringan, serta mudah untuk dilakukan. Dengan berolahraga, tubuh juga bergerak yang berakibat akan memberi dorongan energi pada tubuh. Dan pada malam hari, anda akan merasakan tidur yang nyenyak.

Komsumsi Makanan Berkalsium

Mengkomsumsi makanan berkalsium dengan cukup, akan membantu mengurangi atau bahkan mencegah gejala PMS. Lebih-lebih bagi anda yang sedang mengalami haid. Untuk jenis makanan yang mengandung kalsium bagi anda adalah mengkomsumsi susu sapi atau produk lainnya seperti keju atau yogrut, sayuran bayam, kubis, atau ikan salmon.

Perbanyak Minum Air Putih 

Minum air putih sangatlah penting. Sebab, bila anda kekuarangan cairan dalam tubuh, anda akan mengalami gejala dehidrasi. Hal ini akan membuat kinerja jantung lebih bekerja keras dalam menjaga oksigen dan nutrisi agar tetap berjalan pada sistem peredaran darah dalam tubuh. Akibat jika anda kurang minum, anda akan mudah lelah dan mudah mengantuk. Ukuran normal meminum air putih bagi tubuh dalam sehari sekitar 8 gelas atau 2 liter. Namun, yang paling penting jika anda merasa haus segera minum air putih.

Demikian beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika haid dan tubuh mulai merasa lelah. Semoga bermanfaat, dan salam sehat!

 

*Penulis adalah mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Cipta Husada, Program Studi Keperawatan, smester VII.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *