Deal… Asia University dan PT Multi Bisnis Emliku Tandatangani MoU dengan STIKes Widya Cipta Husada

KEPANJEN—Bak gayung bersambut. Setelah melakukan koordinasi online, pada awal bulan September lalu, 2 pimpinan dua Lembaga besar, yakni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Widya Cipta Husada Kepanjen, Malang dan Asia University, Taiwan, tandatangani Memorandum of Understanding (MoU), Kamis (15/10/2020).

Peluang besar yang disepakati dan ditandatangani oleh Dr. Tayubi Hariyanto SE., MM., Ketua STIKes Widya Cipta Husada, tidak lain karena Asia University membuka peluang untuk 1000 mahasiswa sekaligus beasiswanya.

“Karenanya, peluang semacam ini harus dimanfaatkan dan Asia University menandatangai MoU kita” ungkapnya.

Hal yang cukup istimewa pada penandatanganan Mou kali ini, disaksikan langsung oleh Dr. A. Hanief Saha Ghafur, M.Si, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Pendidikan dan Dr. Eman Suryaman, Ketua PBNU Bidang Ekonomi.

Pada penandatanganan MoU kali ini, selain membahas tentang studi mahasiswa, juga menyinggung tentang magang kerja.

Nah, untuk magang kerja di Taiwan, mahasiswa harus dinyatakan telah lulus dan memiliki bukti telah mengikuti wisuda.

Untuk magang kerja ini, Dr. Tayubi menerangkan bahwa mahasiswa akan memiliki masa kontrak selama 3 tahun dan akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari tempat magang.

“Baru setelah mengikuti magang tersebut, mahasiswa wajib kembali dan lapor ke kampus (STIKes Widya Cipta Husada). Lalu, jika ingin melanjutkan kerja, nanti bisa langsung ikut melalui Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI)” jelasnya.

Untuk hasil MoU tersebut, sebagaimana yang pernah diberitakan sebelumnya, setidaknya menyepakati 3 hal penting.

Pertama, antara STIKes Widya Cipta Husada dengan Asia University akan membuka peluang kerjasama program double degree untuk mahasiswa. Peluang ini dimaksudkan, bagi mahasiswa yang mengikuti program tersebut akan melaksanakan studi selama 3 tahun di STIKes Widya Cipta Husada dan 1 tahun di Asia University dan sekaligus akan mendapatkan 2 ijazah.

Kedua, program master degree yang memberikan peluang kepada mahasiswa untuk melakukan studi selama 3 tahun di STIKes Widya Cipta Husada dan 2 tahun di Asia University yang sekaligus mendapatkan ijazah magister atau Strata Dua (S2).

Dan yang ketiga adalah program internship dalam jangka waktu satu tahun bagi mahasiswa STIKes Widya Cipta Husada, yang akan melakukan praktik di beberapa rumah sakit di Taiwan. []

Pewarta: M. Roihan Rikza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *