10 Hal Penting untuk Merawat Organ Reproduksi Wanita

Oleh M. Izzul

Kesehatan sistem reproduksi sangat di utamakan. Sebab sistem reproduksi merupakan bagian penting untuk menuju masa depan yang baik. Dengan arti, jika pada suatu saat memiliki pasangan hidup, dapat memberikan yang terbaik pada pasangan kita masing-masing, misal dapat memberikan keturunan,sehingga dapat memberikan keturunan yang normal.

Lantas bagaimana cara menjaga dan merawat sistem reproduksi, khususnya pada wanita? Perlu diketahui bahwa sistem reproduksi wanita banyak mempunyai fungsi untuk mendukung proses reproduksi normal. Namun jika tidak dijaga dengan baik dan benar, maka sangat mudah sekali terkena penyakit . Sebab itu, sebagai wanita harus rajin dan pintar dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi, agar supaya dapat mencegah penyakit-penyakit yang akan menyerang.

Simak ulasan di bawah ini dengan seksama dan jangan lupa biasakan untuk membaca hingga tuntas, serta koreksi diri: apakah pernah melakukannya atau bahkan tidak pernah sama sekali. Jika tidak pernah maka mulailah dari sekarang untuk menerapkan hal-hal di bawah ini. Agar sistem reproduksi Anda sebagai seorang wanita tetap aman dan normal.

Berikut 10 Nasehat penting merawat organ reproduksi :

Pertama, sebagai seorang wanita harus membersihkan bagian luar vagina setelah buang air kecil. Sebab hal ini dapat mencegah kuman atau bakteri tumbuh berkembang pada vagina, serta dapat menghilangkan bau yang tidak sedap. Cara membersihkannya yaitu dengan air yang bersih pada bagian vagina dan area sekitarnya dengan cara yang halus dan pelan serta merata.

Kedua, hindari saat membersihkan sobat menggunakan sabun. Sebab jika seorang wanita terbiasa mencuci atau membersihkan vagina menggunakan sabun, dapat menyababkan kulit kering dan juga dapat mengalami iritasi sehingga muncul reaksi gatal pada area vagina. Hindari penggunaan sabun atau produk yang mengandung zat-zat kimia.

Ketiga Anda sebagai seorang wanita harus sering menganti pembalut di saat mengalami menstruasi. Jika jarang diganti, akan berdampak pada perkembanganbiakan kuman-kuman atau bakteri dengan cepat. Lebih-lebih pada area kelamin yang terdapat bulu-bulu panjang yang tidak pernah dipotong.

Keempat bersihkan alat kelamin Anda sebelum dan sesudah bercinta bagi pasangan suami istri, agar proses reproduksi Anda tetap normal dan tidak ada gangguan kuman atau bakteri yang masuk pada bagian kelamin. Usahakan pula sebelum bercinta hendak buang air kecil terlebih dahulu untuk mengurangi resiko terjadi infeksi pada bagian kandung kemih. Setidaknya, buang air kecil dilakukan minimal 30 menit sebelum berhubungan badan.

Kelima, ganti celana setiap hari untuk menjaga kebersihan bagian kelamin dan agar kuman tidak mudah berkembang. Setidaknya Anda harus ganti celana 2 atau 3 kali sehari. Apalagi pada seorang wanita yang kadang mengalami keputihan, wajib untuk ganti celana dalam.

Keenam, sebagai wanita juga harus pintar membedakan cairan keputihan. Antara yang normal dan mana yang tidak normal. Sebab banyak kaum hawa tidak paham dan tidak bisa membedakan antara keputihan yang normal dan yang tidak normal. Jika cairan keputihan berlebihan, kekuningan, kehijauan bahkan sedikit berdarah, segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.

Ketujuh menghidar untuk tidak merokok. Merokok bukan hanya menggangu pada bagian sistem pernafasan atau jantung saja. Akan tapi juga dapat menggangu sistem-sistem lainya, dan salah satunya adalah sistem reproduksi ini. Bagi seorang wanita, merokok dapat mengganggu bagian ovarium yang mana fungsi dari ovarium ini untuk pembuahan sel telur. Jika sel telur tidak ada, atau tidak terjadi pembuahan, berakibat ketidaknormalan sistem reproduksi bagi seorang wanita.

Kedelapan lakukan hubungan intim yang aman dan terjaga. Dapat diartikan bahwa bagi seorang wanita tidak sembarangan dalam melakukan hubungan intim. Sebab ada gejala penyakit ganas atau virus yang dapat menyerang bagian reproduksi jika melakukanya secara tidak aman.

Kesembilan menerapakan pola hidup sehat. Seorang wanita harus menjaga sistem reproduksi dengan cara makan dengan makanan yang baik, kontrol berat badan dan melakukan diet sehat (bukan diet tanpa tujuan yang tak sehat).

Sebab, tubuh dengan berat badan yang berlebihan biasanya akan mengakibatkan timbulnya masalah dalam siklus haid. Sedangkan tubuh yang teralu kurus juga akan mengakibatkan produksi hromon estrogen terhambat.

Karenanya, menjaga pola hidup sehat merupakan hal penting bukan hanya berfungsi untuk sistem ini saja namun juga dapat mempengaruhi sistem lainya jika pola hidup tidak baik.

Kesepuluh ini merupakan cara yang paling baik dan aman agar seorang wanita lebih mengerti apakah sistem reproduksi sehat atau tidak sama sekali. Lantas, dengan cara apa? Anda harus menerapakan ini. Yaitu dengan cara memeriksakan dengan rutin sistem reproduksi. Tentu pada sebagian wanita ada yang merasa terkejut dengan hal ini, sebab seorang wanita akan merasa malu jika melakukan pemeriksaan rutin pada bagian ini, namun sebenarnya jika menerapakannya, banyak hal-hal yang tidak pernah tahu dan pada akhirnya bisa tau.

Apalagi jika mengalami siklus haid yang kadang tidak teratur. Kadang mens dalam waktu yang sangat lama, dan terkadang sangat cepat. Jika yang terjadi seperti itu, segeralah periksa ke dokter terdekat.

Sekian penjelasan mengenai merawat dan menjaga sistem reproduksi ini. Khususnya kaum hawa, agar lebih menjaga sistem reproduksi yang tentu untuk masa depan yang baik, yaitu dapat memberikan keturunan yang baik dan terhindar dari segala penyakit.[]

*Penulis adalah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Cipta Husada. Program Studi Keperawatan, Semester V.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *